Sunday 1 March 2015

7 Makanan Yang Bisa Mengurangi Resiko Kanker Kulit

7 Makanan Yang Bisa Mengurangi Resiko Kanker Kulit


Kanker kulit adalah tumor ganas yang terjadi pada epidermis kulit. Ciri-ciri utama kanker kulit  adalah adanya tumor atau tompel atau benjolan yang dapat terlihat dari luar, benjolan tersebut biasanya kurang beraturan atau asimetris dan warnanya tidak rata atau bergradasi, misalnya pada bagian pinggir benjolan berwarna coklat dan tengahnya berwarna gelap.
Langkah alami untuk mencegah kanker kulit adalah dengan menghindari paparan sinar matahari dari pukul sembilan pagi hingga pukul empat sore. Karena, pada waktu-waktu tersebut intensitas sinar UV pada sinar matahari sedang banyak-banyaknya. Cara kedua untuk mencegah kanker kulit adalah dengan menggunakan krim atau lotion pelindung atau sunblock.
Selain kita melakukan cara tersebut, baiknya kita perlu mengetahui makanan apa sih yang bisa membantu mengurangi resiko kanker kulit?

1. Wortel
Wortel memiliki kandungan beta-karoten tinggi yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet berbahaya dari matahari.

2. Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah yang memberi warna kuning pada makanan. Kunyit sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional. Penelitian menunjukan bahwa kunyit memiliki berbagai sifat anti kanker, salah satunya kanker kulit.

3. Teh Hijau
Dengan minum tiga cangkir teh hijau sehari dapat menyumbang cukup antioksidan bagi tubuh dan kulit, sehingga mampu melawan penuaan dini pada kulit serta peradangan. Risiko kanker kulit juga akan jauh berkurang.

4. Ubi Jalar
Ubi jalar, salah satu sayuran yang sangat dikenal manusia, adalah salah satu sayuran yang paling bergizi dan mengandung banyak nutrisi dengan sifat melawan kanker kulit.

5. Almond
Mengonsumsi segenggam almond sehari dapat meningkatkan kadar vitamin E. Makanan ini juga mengandung antioksidan terpenting untuk kesehatan kulit, juga melembabkan kulit kering. Selain itu juga melindungi kulit dari penuaan, peradangan, bahkan kanker kulit.

6. Brokoli
Makanan yang satu ini kaya akan vitamin A, C, dan K sehingga sangat baik bagi kulit kita. Vitamin A dapat mengurangi produksi minyak, vitamin C merupakan antioksidan kuat, dan vitamin K dapat mencegah timbulnya lebam di kulit.

7. Tomat
Tomat kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin ini memiliki peran penting untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit.

Selain makanan dan minuman yang bagus untuk kulit, kita juga harus mewaspadai dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang “tidak terlalu bagus” untuk kesehatan kulit kita.




No comments:

Post a Comment